News Ticker

Menu

`Mandriva Linux 2007` Diluncurkan

Bulan Oktober menjadi momen penting bagi distro sistem operasi open source Linux `Mandriva` dengan meluncurkan OS terbarunya 'Mandriva Linux 2007'. Distro yang berbasis di Perancis ini menyatakan bahwa Mandriva Linux 2007 merupakan distri keluaran terbaik mereka dimana user bisa dengan mudah menggunakanya.

Selain mudah dan berdaya guna, Mandriva Linux 2007 juga memudahkan bagi user SOHO (Small Office and Home Office).

Untuk meluncurkan Mandriva Linux 2007, bukan pekerjaan mudah karena Mandriva harus mengeluarkan tiga versi beta dan satu versi final yang membuat peluncuran Mandriva Linux 2007 dianggap sebagai distro yang paling stabil yang pernah ada.

Mandriva 2007 menggunakan Linux Kernel 2.6.17 dan dilengkapi default desktop KDE 3.5.4 selain GNOME 2.16 juga mendukung `Xfce 4.3.90.2`.

Feature kunci dalam Mandriva Linux 2007 adalah `AIGLX` dan `Xgl` yang merupakan desktop 3D-accelerated.

Tak heran dengan 4.4GB footprint dan loads sejumlah paket aplikasi, Mandriva Linux 2007 dianggap sebagai salah satu distro Linux paling lengkap.

"Mandriva merupakan satu-satunya distro yang menggabungkan dua teknologi ini,' jelas tim pengembang dalam pernyataanya.

Sebuah tema baru yang diusung dalam distro Mandriva Linux 2007 disebut dengan `Ia Ora` ("hello" dalam bahasa Perancis Polynesian).

Untuk memuaskan para pengguna, pengembang Mandriva Linux 2007 juga memasukan paket aplikasi office suite terakhir (OpenOffice. 2.0.3), Internet, multimedia, teknologi virtualization dan tentu saja teknologi `3D-accelerated desktop`.

Kebanyakan dari feature ini sudah ada di versi final (RC 1) yang diluncurkan 8 september silam.

Mandriva Linux 2007 merupakan produk komersial Mandriva yang dibagi atas 3 edisi masing-masing:

o Discovery ($56 ditujukan bagi para pemula Linux)
o Powerpack ($89 untuk user)
o Powerpack+ ($228 untuk SOHO)

Bagi user yang sangat gemar bermain games maka Mandriva Linux menyediakan feature `TransGaming's Cedega engine` yang membuat tampilan layaknya sistem operasi Windows.

Untuk sisi keamanan, Mandriva Linxu 2007 selain menyediakan firewall juga memberikan solusi perlindungan antivrius dari vendor Kaspersky.

Kemudahan instlasi juga diberikan oleh Mandriva Linux 2007 dengan sebuah tool yang disebut `RPMDrake` yang memudahkan user melakukan instalasi, uninstall ataupun update software.

Perubahan tema ke 'Ira Ora' juga merupakan pertanda perubahan yang dilakukan oleh Mandriva dimana pada Mandriva Linux 9.1 bertemakan `Galaxy`.

Jika Mandriva Linux 2007 masuk dalam jaringan maka layanan proteksi diberikan dengan `BitDefender` yang akan membuat serangan anti-virus, anti-spam dan anti-spyware mudah terdeteksi.

Ditro Mandriva sebelumnya diluncurkan dengan nama MandrakeSoft namun seiring dengan akusisi atas distro open source berbasis di Brasil, distro ini kemudian diganti menjadi 'Mandriva'.

Share This:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " `Mandriva Linux 2007` Diluncurkan "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM